Wednesday, September 16, 2020

Hati-hati, 4 Bagian Motor Ini Akan Cepat Rusak Saat Cuaca Panas

 Hati-hati, 4 Bagian Motor Ini Akan Cepat Rusak Saat Cuaca Panas

Rifan Financindo - Cuaca yang panas tentu tidak akan membuat nyaman ketika Otolovers beraktivitas di luar rumah. Berkendara pun terutama menggunakan motor akan membuat tubuh cepat berkeringat.

Tentu sinar matahari yang terik tidak hanya berdampak pada manusia saja, tetapi juga kondisi motor. Sebab jika kendaraan roda dua terlalu sering terpapar sinar matahari, maka beberapa komponen akan cepat rusak.

Melansir Liputan6 dari laman Federal Oil, berikut ini 4 bagian motor yang akan cepat rusak jika terlalu sering terkena sinar maatahari langsung.

Baca Juga :

 

1. Cat Bodi

Jika sering terkena panas matahari, cat bodi motor akan cepat kusam dan lama kelamaan warnanya menjadi pudar. Oleh karena itu, parkir motor di tempat yang teduh atau di dalam ruangan.

Jika terpaksa harus parkir di luar usahakan memakai cover khusus untuk motor yang saat ini sudah banyak dijual.

2. Ban

Kemudian komponen lain yang cepat rusak jika sering terkena sinar matahari adalah ban. Sebab bagian tersebut akan getas atau pecah-pecah.

3. Rantai

Rantai motor juga bisa cepat rusak jika sering terkena panas matahari, karena pelumas pada rantai jadi lebih cepat kering. Jika pelumas rantai kering, komponen penggerak roda itu tak mampu bekerja optimal dan menghasilkan bebunyian yang kasar.

Sebaiknya, jika motor sering parkir di luar ruangan, selalu gunakan pelumas rantai yang sesuai atau yang direkomendasikan untuk rantai, supaya rantai juga tidak cepat rusak.

4. Kulit Jok

Kulit jok yang terbuat dari bahan sintetis jika dibiarkan terus menerus terkena paparan sinar matahari secara langsung, akan cepat rusak, terutama warnanya akan pudar dan mudah robek.

Oleh karena itu, disarankan untuk menutup jok motor dengan sarung atau cover khusus motor. Jika tidak punya, bisa juga memanfaatkan kardus atau bahan lainnya. Rifan Financindo.


Sumber : Otosia

No comments:

Post a Comment