Tuesday, April 16, 2024

Saham Jepang Pulih karena Lemahnya Yen Membantu Eksportir

 

PT Rifan Financindo Berjangka - Saham-saham Jepang pulih setelah dua hari mengalami penurunan karena eksportir termasuk produsen mobil menguat didukung melemahnya yen. Investor juga sedang mempertimbangkan arah jalur penurunan suku bunga Federal Reserve setelah komentar Jerome Powell.

Indeks Topix naik 0,2% menjadi 2,702.13 pada pukul 9 pagi waktu Tokyo. Indeks Nikkei naik 0,3% menjadi 38.581,37.

Toyota Motor Corp berkontribusi paling besar terhadap kenaikan Indeks Topix, naik 0,7%. Dari 2.146 saham dalam indeks tersebut, 1.087 saham menguat, 675 saham melemah, dan 384 saham stagnan.

Meskipun Powell mengindikasikan bahwa perlu waktu untuk mulai menurunkan suku bunga, pasar telah memperhitungkan hal ini, kata Mitsushige Akino, presiden di Ichiyoshi Asset Management. Dengan perekonomian AS yang solid dan ketidakpastian akibat ketegangan di Timur Tengah, penurunan suku bunga tidak mungkin dilakukan dalam waktu dekat, katanya.

Yen bertahan stabil di kisaran 154,68 per dolar menyusul lonjakan mendadak semalam sebagai tanda bahwa para pedagang semakin gugup terhadap kemungkinan intervensi Jepang. Depresiasi yen pada level terendah dalam tiga dekade mungkin mendukung eksportir, meskipun kekhawatiran terhadap laju penurunan dan volatilitas mata uang semakin meningkat. (Tgh) PT Rifan Financindo Berjangka.


Sumber: Bloomberg

No comments:

Post a Comment