Monday, April 1, 2024

Ekuitas Jepang Naik Saat Yen Melemah Terkait Data AS

 

PT Rifan Financindo Berjangka - Saham-saham Jepang naik seiring penguatan saham-saham eksportir setelah data pabrik AS yang kuat mendorong yen menuju level terendah dalam 34 tahun terhadap dolar.

Topix hampir tidak berubah di 2,721.57 pada 09:02 waktu Tokyo.

Nikkei 225 naik 0,1% menjadi 39.856,99.

Produsen peralatan listrik dan perusahaan mobil merupakan kontributor terbesar terhadap kenaikan Topix setelah yen turun sebanyak 0,3% menjadi 151,77 per dolar pada hari Senin. Aktivitas pabrik AS secara tak terduga meningkat pada bulan Mei, memperkuat spekulasi bahwa Federal Reserve akan meluangkan waktu untuk menurunkan suku bunga.

"Meskipun aksi ambil untung dan penjualan jangka pendek kemarin mungkin agak mengurangi sentimen investor, ada keinginan untuk membeli saham karena Nikkei berada di bawah 40.000," kata Ryuta Otsuka, ahli strategi di Toyo Securities. "Ambil keuntungan periode awal diperkirakan akan berakhir minggu ini, setelah itu fokus akan beralih ke hasil pendapatan perusahaan di Jepang dan AS."

Yaskawa Electric akan mengumumkan hasil setahun penuh pada minggu ini. Banyak perusahaan Jepang diperkirakan akan mengungkapkan rencana bisnis jangka menengah mereka, biasanya tiga tahun, beserta pendapatannya.

Dari 2.146 saham di Topix, 683 saham menguat dan 1.207 saham melemah, sedangkan 256 saham stagnan.(mrv) PT Rifan Financindo Berjangka.


Sumber : Bloomberg

No comments:

Post a Comment