Sunday, April 28, 2024

Saham Jepang Menguat Setelah Yen Melemah dan BOJ Mempertahankan Suku Bunga

 

PT Rifan Financindo Berjangka - Saham-saham Jepang menguat pada hari Jumat (26/4), dengan kedua benchmark mengalami kenaikan mingguan terbesar dalam lebih dari sebulan karena pelemahan yen menyusul keputusan Bank Sentral Jepang (BoJ) untuk mempertahankan kerangka kebijakan moneternya tidak berubah.

Indeks Topix naik 0,9% ke level 2,686.48 pada penutupan pasar waktu Tokyo.

Indeks Nikkei naik 0,8% pada level 37.934,76.

Yen terdepresiasi hingga angka 156 terhadap dolar untuk pertama kalinya sejak tahun 1990 menyusul keputusan tersebut. Lemahnya mata uang ini menimbulkan spekulasi bahwa pihak berwenang akan melakukan intervensi di pasar secepatnya hari ini.

Keyence Corp. memberikan kontribusi terbesar terhadap kenaikan indeks Topix, meningkat sebesar 7,8% setelah perusahaan peralatan otomasi pabrik tersebut melaporkan hasil kuartal keempat yang kuat dan pendapatan operasional yang mengalahkan perkiraan rata-rata analis. Dari 2.146 saham dalam indeks, 1.299 saham menguat dan 791 saham melemah, sementara 56 tidak berubah.

BOJ mempertahankan tingkat suku bunganya tetap stabil, menjaga kisaran suku bunga acuannya antara 0% dan 0,1% pada akhir pertemuan kebijakan dua hari tersebut. Perusahaan real estat memperpanjang kenaikannya menjadi salah satu sektor dengan kinerja terbaik di Indeks Topix. (Arl) PT Rifan Financindo Berjangka.


Sumber : Bloomberg

No comments:

Post a Comment