Thursday, September 26, 2024

Nikkei Jepang Siap Hapus Semua Kerugian Sejak Kenaikan Suku Bunga BOJ 31 Juli


PT Rifan Financindo Berjangka - Nilai tukar saham Nikkei 225 Jepang naik hingga 0,5%, dan siap menghapus semua kerugian sejak 31 Juli, saat Bank of Japan menaikkan suku bunga acuan dan mendorong penguatan yen. Topix turun hingga 0,5% pada hari Jumat.

Indeks saham unggulan tersebut naik hingga 39.223,07 tak lama setelah pasar dibuka di Tokyo, melampaui penutupan pada 31 Juli, hari ketika bank sentral menaikkan suku bunga kebijakannya menjadi sekitar 0,25% dan mengumumkan rencana untuk mengurangi separuh pembelian obligasi. Dalam seminggu setelah langkah BOJ, Nikkei 225 jatuh hingga 20%, semakin dalam ke pasar yang lesu.

Sekarang, indeks tersebut menuju reli tiga minggu sekitar 7% karena yen cenderung melemah karena kekhawatiran atas BOJ yang agresif telah mereda, memberikan dukungan bagi eksportir. Pada hari Selasa, Gubernur Kazuo Ueda menegaskan kembali pesannya bahwa meskipun BOJ akan menaikkan suku bunga acuannya lagi jika data memungkinkan, otoritas tidak akan terburu-buru melakukannya. (frk) PT Rifan Financindo Berjangka.


Sumber: Bloomberg


No comments:

Post a Comment