Monday, September 9, 2024

Saham Jepang Anjlok Akibat Aksi Jual Saham Teknologi

 


PT Rifan Financindo Berjangka - Indeks Nikkei 225 anjlok 0,48% hingga ditutup pada level 36.216 sementara Indeks Topix yang lebih luas anjlok 0,68% menjadi 2.580 pada hari Senin (9/9), berakhir pada level terendah dalam lebih dari tiga minggu, dengan saham teknologi memimpin penurunan.

Saham Jepang mengalami aksi jual tajam di Wall Street pada hari Jumat karena data pekerjaan AS yang lemah meningkatkan kekhawatiran tentang kesehatan ekonomi terbesar di dunia tersebut. Sementara itu, data akhir menunjukkan bahwa ekonomi Jepang tumbuh 2,9% per tahun pada kuartal kedua, lebih rendah dari angka awal 3,1% dan perkiraan konsensus 3,2%.

Namun, pertumbuhan yang solid, kenaikan upah, dan tekanan inflasi yang terus-menerus terus mendukung taruhan bahwa Bank of Japan akan menaikkan suku bunga lebih lanjut. Kerugian di sektor teknologi dipimpin oleh Tokyo Electron (-2,3%), Disco Corp (-3,1%) dan Renesas Electronics (-3,1%). Saham-saham unggulan lainnya juga mencatat penurunan yang signifikan, termasuk Mitsubishi Heavy Industries (-2,3%), Mitsubishi UFJ (-2,3%) dan Toyota Motor (-3,2%). (Arl) PT Rifan Financindo Berjangka.


Sumber : Trading Economics

No comments:

Post a Comment