Tuesday, September 17, 2024

Pelemahan Yen Memberi Dorongan bagi Eksportir, Bursa Jepang Menguat


 

PT Rifan Financindo Berjangka - Saham-saham Jepang menguat, menghentikan kemerosotan selama dua hari, karena pelemahan yen memberi dorongan bagi produsen mobil dan perusahaan teknologi.

Indeks Topix naik 0,7% menjadi 2.574,69 pada pukul 9:19 pagi waktu Tokyo. Indeks Nikkei 225 naik 1% menjadi 36.569,17.

Toyota Motor memberikan kontribusi terbesar terhadap kenaikan Topix, dengan naik 2,7% setelah yen melemah lebih dari 1% terhadap dolar semalam, sebelum naik 0,4% menjadi 141,91 per dolar pada hari Rabu. Dari 2.131 saham dalam indeks, 1.774 naik dan 252 turun, sementara 105 tidak berubah.

Saham-saham pertambangan dan minyak naik karena harga minyak stabil setelah ditutup pada level tertinggi dalam lebih dari dua minggu di tengah meningkatnya ketegangan di Timur Tengah. "Meskipun produsen mobil dan perusahaan terkait chip kemungkinan akan dibeli, ada sikap menunggu dan melihat yang kuat menjelang pertemuan Fed dan BOJ minggu ini," kata Mitsushige Akino, presiden Ichiyoshi Asset Management.

Para pedagang terbagi pendapatnya mengenai besaran kemungkinan pemangkasan suku bunga oleh Federal Reserve pada hari Rabu, sementara Bank of Japan diperkirakan akan menahannya pada hari Jumat.

29 dari 33 indeks sektor di Bursa Efek Tokyo menguat; Indeks Peralatan Transportasi TOPIX di Bursa Efek Tokyo adalah yang berkinerja terbaik, sementara Indeks Transportasi Udara TOPIX dalam Bursa Efek Tokyo mengalami penurunan paling besar

Indeks MSCI AC Asia Pacific naik 0,2%, Indeks Topix telah naik 8,8% tahun ini, vs. Indeks MSCI AC Asia Pacific yang naik 8,4%.

Anggota Indeks Topix diperdagangkan pada 13,6 kali lipat dari estimasi pendapatan mereka untuk 12 bulan ke depan. (frk) PT Rifan Financindo Berjangka.


Sumber: Bloomberg


No comments:

Post a Comment