Thursday, September 19, 2024

Optimisme Pertumbuhan AS Angkat Bursa Jepang; Pedagang Pantau BOJ


 

PT Rifan Financindo Berjangka - Saham-saham Jepang naik karena optimisme ekonomi AS akan mencapai soft landing yang memicu minat terhadap aset berisiko. Investor menunggu keputusan kebijakan Bank Jepang pada hari Jumat.

Indeks Topix naik 1,4% menjadi 2.654,45 pada pukul 9:09 pagi waktu Tokyo, sementara Indeks Nikkei 225 Stock Average naik 1,9% menjadi 37.861,76. Saham Toyota Motor Corp. memberikan kontribusi terbesar terhadap kenaikan Indeks Topix, yang naik 2%. Dari 2.131 saham dalam indeks, 1.648 naik dan 347 turun, sementara 136 tidak berubah.

Sektor teknologi Jepang naik setelah perusahaan teknologi di AS memimpin kenaikan pada hari Kamis, dengan Indeks Nasdaq 100 naik 2,6% dan Russell 2000 dari saham berkapitalisasi kecil naik 2,1%. Pemangkasan suku bunga yang berani oleh The Fed dan tekadnya untuk tidak tertinggal kembali memicu harapan bahwa bank sentral akan mampu mencegah resesi. Data AS pada hari Kamis menunjukkan klaim pengangguran turun ke level terendah sejak Mei di dalam pasar tenaga kerja yang solid.

Ekonom memperkirakan BOJ akan membiarkan suku bunga tidak berubah. Pedagang akan memantau dengan saksama komentar dari Gubernur Kazuo Ueda setelah keputusan kebijakan tersebut.

Saham-saham Jepang jatuh ke wilayah bear market pada awal Agustus setelah kenaikan suku bunga BOJ dan sikap hawkish Ueda membuat yen menguat. Indeks acuan Topix masih turun sekitar 5% sejak pertemuan terakhir bank sentral pada tanggal 31 Juli. (frk) PT Rifan Financindo Berjangka.


Sumber: Bloomberg


No comments:

Post a Comment