Thursday, August 1, 2024

Saham Jepang Melemah, Yen Menguat Pasca Pertemuan BOJ

 


PT Rifan Financindo Berjangka - Saham Jepang melemah dan yen menguat menyusul keputusan Bank of Japan (BOJ pada hari Rabu untuk menaikkan suku bunga acuannya. Langkah bank sentral tersebut mengejutkan sejumlah analis, dan menimbulkan banyak keheranan di antara mereka yang menganggap latar belakang ekonomi belum kondusif untuk kebijakan moneter yang lebih ketat.

BOJ juga mengatakan akan secara bertahap mengurangi jumlah obligasi pemerintah yang dibelinya hingga setengahnya menjadi 3 triliun yen per bulan pada awal tahun 2026, atau setara dengan sekitar $20 miliar.

Langkah-langkah tersebut dipandang sebagai langkah menuju normalisasi kebijakan dan mungkin perubahan dalam pemikiran di antara pejabat Jepang bahwa kenaikan suku bunga, yang biasanya dianggap membatasi ekonomi, justru dapat membantu pertumbuhan dengan mendorong kenaikan yen dan menenangkan konsumen yang harus membayar lebih untuk barang-barang impor.

Indeks Nikkei ditutup 2,5% lebih rendah pada level 38.126,33 pada hari Kamis, sementara yen terakhir diperdagangkan pada level 149,82 terhadap dolar setelah mencapai level 148,51 pada awal sesi. Imbal hasil obligasi pemerintah Jepang 10 tahun terakhir turun 2,5 basis poin pada level 1,030% setelah naik setinggi 1,060% pada hari Rabu setelah pengumuman BOJ. (knc) PT Rifan Financindo Berjangka.


Sumber : Dow Jones


No comments:

Post a Comment