Thursday, August 8, 2024

Saham Jepang Naik Karena Sentimen Membaik Akibat Reli AS, Pelemahan Yen

 


PT Rifan Financindo Berjangka - Saham Jepang naik setelah yen menuju penurunan empat hari terhadap dolar dan tanda-tanda ketahanan di pasar tenaga kerja mengangkat saham AS.


Rata-rata Indeks Nikkei 225 naik 2,3% menjadi 35.630,86 pada pukul 9:09 pagi di Tokyo, sementara Indeks Topix yang lebih luas naik 2%. Perusahaan teknologi termasuk Hitachi Ltd. mendukung pasar setelah Nasdaq 100 naik lebih dari 3% pada hari Kamis. Saham Tokyo Electron Ltd. melonjak 4,8% setelah perusahaan meningkatkan perkiraan labanya. PT Rifan Financindo Berjangka.


Indeks Nikei 225 blue-chip mendekati level yang terlihat sebelum anjlok 12% pada hari Senin, penurunan paling tajam sejak penurunan Black Monday pada tahun 1987. Rata-rata ditutup pada 35.909,70 pada akhir minggu lalu. Eksportir termasuk Toyota Motor Corp. menguat karena yen menuju kerugian mingguan pertamanya terhadap dolar dalam lebih dari sebulan. Bank-bank seperti Sumitomo Mitsui Financial Group menguat setelah imbal hasil Treasury meningkat selama tiga hari terakhir.


Baik Nikkei 225 maupun Topix telah pulih sekitar setengah dari kerugian mereka sejak akhir Juli, ketika Bank of Japan (BOJ) menaikkan suku bunga acuannya dan mengumumkan rencana untuk mengurangi pembelian obligasinya. Acuan tersebut sekarang turun sekitar 15% dari rekor yang dicapai bulan lalu, setelah tergelincir ke pasar yang lesu pada 5 Agustus ketika kerugian melebihi 20%. (knc) PT Rifan Financindo Berjangka.


Sumber : Bloomberg


No comments:

Post a Comment