Monday, August 12, 2024

Saham Jepang Naik karena Yen yang Melemah Mendukung Eksportir

 


PT Rifan Financindo Berjangka - Saham dibuka lebih tinggi di Jepang setelah akhir pekan yang panjang karena yen yang melemah memberikan dukungan bagi eksportir seperti produsen mobil dan perusahaan teknologi.

Indeks Nikkei 225 Stock Average naik 2,1% menjadi 35.774,38 pada pukul 9:06 pagi di Tokyo, sementara Topix yang lebih luas naik 1,8%. Perusahaan teknologi termasuk Tokyo Electron Ltd. naik setelah Nvidia Corp. mendongkrak Indeks Semikonduktor Bursa Efek Philadelphia.

Pasar ekuitas Jepang ditutup pada hari Senin untuk hari libur nasional. Yen sedikit berubah pada 147,10 per dolar setelah melemah 0,4% pada hari Senin.

Wall Street tidak banyak memberikan arah semalam karena S&P 500 tetap datar menjelang data inflasi AS yang dapat memberikan sinyal tentang kesehatan ekonomi terbesar di dunia. Investor kemungkinan akan gelisah setelah minyak mencapai $80 di tengah kekhawatiran serangan Iran terhadap Israel semakin mungkin terjadi. Baik Nikkei 225 maupun Topix telah turun sekitar 9% sejak akhir Juli, ketika Bank of Japan menaikkan suku bunga acuannya dan mengumumkan rencana untuk mengurangi pembelian obligasinya. Indeks acuan tersebut kini turun sekitar 14% dari rekor yang dicapai bulan lalu, setelah merosot ke pasar yang lesu pada 5 Agustus ketika kerugian melebihi 20%.(yds) PT Rifan Financindo Berjangka.


Sumber: Bloomberg


No comments:

Post a Comment