Thursday, July 18, 2024

Indeks Nikkei 225 Ditutup Turun 2,21%


PT Rifan Financindo BerjangkaIndeks Nikkei 225 anjlok 2,36% hingga ditutup pada level 40.126 sementara Indeks Topix yang lebih luas anjlok 1,6% menjadi 2.867 pada hari Kamis (18/7), dengan saham-saham Jepang merosot ke level terendah dalam beberapa minggu dan memperpanjang aksi jual global pada saham-saham chip.

Pergerakan tersebut terjadi menyusul laporan bahwa AS sedang mempertimbangkan pembatasan yang lebih ketat pada ekspor chip ke China, sementara komentar Donald Trump bahwa Taiwan harus membayar AS untuk pertahanan menambah risiko geopolitik atas sektor tersebut. Saham-saham lokal juga mendapat tekanan dari reli tajam yen yang oleh para analis dikaitkan dengan intervensi pemerintah lebih lanjut. Di tempat lain, data menunjukkan surplus perdagangan yang tidak terduga untuk Jepang pada bulan Juni karena pertumbuhan ekspor melampaui impor.

Kerugian di sektor teknologi lokal dipimpin oleh Tokyo Electron (8,8%), Disco Corp (-8,8%), Lasertec (-6,3%), Advantest (-4,9%) dan SoftBank Group (-6,1%). Dalam berita perusahaan, Honda Motor turun 3% setelah menetapkan harga penawaran sekunder saham biasa dengan diskon 3% dari harga penutupan hari Rabu. PT Rifan Financindo Berjangka.

Sumber: Trading Economics

No comments:

Post a Comment